Saturday, July 4, 2009

Pendahuluan Aku dan Google

Pendahuluan

Aku dan Google adalah judul pada salah satu jasa layanan gratis Google yaitu Blogger.com. Blog ini merupakan blog terakhir yang sengaja diciptakan sebelum melangkah ke arah yang lebih baik yaitu menulis pada website. Aku dan Google pada intinya bercerita tentang pengalaman pribadi-ku (terkadang juga memakai saya, kami, ataupun nama alias penulis: Doe/DoeHand) bersama Google. Pada awalnya Google bagiku hanyalah sebuah Search Engine atau mesin pencari, tetapi setelah penelusuran kurang lebih 6 bulan lamanya, Google tidak hanya sebuah mesin pencari, melainkan juga tempat untuk mencari pencaharian.

Selain bercerita pengalaman-ku dan Google, pada blog ini juga akan mengisahkan para stakeholder (pihak ketiga) yang secara langsung ataupun tidak langsung memberikan warna tersendiri dalam perjalanan bersama Google. Pada halaman ini tersedia link menuju tulisan yang mungkin merupakan sebuah informasi bermanfaat bagi para pembaca, dimana pada akhirnya kumpulan informasi ini akan dikumpulkan menjadi sebuah buku. Sebuah buku untuk buah hatiku tercinta, Hawa Raissa Agripina.

Semula ada niat untuk menampilkan table of content atau daftar isi secara keseluruhan pada halaman ini, tetapi berhubung sub bab yang terbagi lagi atas beberapa bagian, membuat hal tersebut akhirnya dibagi secara garis besar saja, semoga rintisan singkat atas daftar isi dibawah ini dapat menjadi peta bagi pembaca untuk mengetahui isi dari pada blog ini, terima kasih.

Daftar Isi

BAB I - Aku dan Google

Aku adalah seorang yang memanfaatkan kecanggihan era teknologi dan informasi di internet menggunakan beberapa fasilitas Google, yang mana fasilitas tersebut banyak diantaranya didapat, diberikan, diberitahukan, oleh Google secara gratis dengan ketentuan dan persyaratan layanan.

Google adalah nama sebuah perusahaan, sebuah perusahaan sudah dapat dipastikan berorientasi kepada bisnis, orientasi bisnis pada umumnya menjual sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Tetapi Google tampaknya mampu “memainkan” sesuatu hal tersebut dimana tanpa menjual sesuatu, Google tetap dapat mendapatkan sesuatu.

Dari manakah Google mendapatkan sesuatu tersebut? Disinilah para stakeholders (para pihak yang terlibat atau melibatkan diri) mendapatkan tempat, baik dalam bentuk “Google stakeholders” maupun di dalam bentuk “aku stakeholders”. Harus diakui bahwa konsep mendapatkan penghasilan di internet sedikit banyak bersumber dari Google; diantaranya adalah menjadi pemasang atau penayang iklan. Sebagai "perantara", Google mampu menyajikan beraneka informasi, produk dan jasa, tanpa membayar pemilik dari pada penyedianya, sebuah sistem bisnis yang unik dan cerdas.

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Aku dan Google

  • A. Siapakah Aku
  • Desember 2008 adalah langkah pertamaku mencoba mempelajari sedikit dari kecanggihan era teknologi dan informasi. Pada penghujung tahun tersebut, keinginan untuk membuat sebuah website terbersit sebagai bagian ikut andil di era canggih, dimana penyedia informasi bukanlah hak mutlak penyedia informasi pada umumnya, karena semua “telah”berhak memberi informasi.

    Jujur, karena tidak mengetahui sama sekali langkah-langkah dalam pembuatan sebuah website akhirnya pilihan tertuju kepada blog, blog pertama yang tercipta bukanlah berasal dari layanan blog gratis milik Google melainkan jasa layanan blog gratis dibawah bendera WordPress.

    Memasuki sesuatu yang baru dalam sebuah warna-warni kehidupan membuat “kegagalan” selalu datang silih berganti, tetapi itulah hidup, itulah pengalaman hidup, sebagai bekal kisah untuk anak dan cucu nanti seandainya sang Pemilik Nyawa mengidzinkan hal tersebut. Blog pertama dengan beralamatkan www.WardHand.WordPress.com penulisan didalamnya hanya berlangsung selama 1 (satu) bulan karena belum terlalu fokus untuk membuat blog disamping masih fokus mengikuti perkuliahan sebagai mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Islam Riau.

    Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Siapakah Aku

  • B. Siapakah Google
  • Bagi pengguna internet aktif, pasti mempunyai definisi masing-masing terhadap Google, karena definisi tersebut erat kaitannya dengan jenis informasi yang ingin didapatkan melalui internet, atau tidak ada salahnya melihat definisi Google menurut Wikipedia. Dewasa ini Google tidak hanya dikenal sebagai mesin pencari saja, tetapi juga telah dikenal sebagai salah satu jasa penyedia blog gratis, jasa email gratis, dan berdasarkan situs liputan 6: Google menghapus label beta dari beberapa aplikasinya. Ini berarti, Gmail, Google Calendar, Google Docs, Google Talk, dan Google Video for Business sudah tidak dalam masa percobaan lagi.

    Satu hal yang menarik dan mungkin menjadi salah satu mega proyek Google saat ini adalah Google merencanakan akan membuat sistem operasi untuk Personal Komputer layaknya operating system yang telah ada sebelumnya. Mengunjungi http://www.google.co.id/support/bin/static.py?page=portal_more.cs untuk melihat berbagai produk dan atau jasa dari Google atau mengetahui dengan mengunjungi situs http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Google_products setidaknya menambah wawasan tentang kembang sayap Google.

    Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Siapakah Google

BAB II - Kisah Unik dan Menarik Bersama Google

Memulai kembali penulisan dengan meminta ridho Allah, Bismillah Hirrahman Nirrohim. Kisah unik dan menarik bersama Google berisikan tentang pengalaman pribadi yang terkadang sayang untuk tidak dikisahkan bersama produk serta layanan jasa dari Google. Berikut ini beberapa produk serta layanan Google berdasarkan Google Help Centre, dimana setiap produk dan layanan Google yang ditulis disini sebisa mungkin diberikan definisi singkat atasnya, sehingga memberikan sebuah pandangan bagi yang sudah atau baru mengenal Google, produk Google yang dimaksud saya bagi atas 3 (tiga) kategori, diantaranya:

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Kisah Unik dan Menarik Bersama Google

  • A. Google Search Engine
  • Mesin tetaplah sebuah mesin, dia akan bekerja dengan sejujur-jujurnya tanpa pandang bulu, sesuai dengan konsep si pemilik mesin itu sendiri tentunya. Google adalah salah satu mesin pencari yang memberikan peringkat sebuah halaman dengan ketentuan “sederhana”, yang mana dengan kesederhanaan itu membuat para stakeholder berpeluang mendulang emas.

    Mendulang emas memanfaatkan search engine dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan menawarkan jasa untuk berada pada halaman utama Google dengan kata kunci tertentu, memberikan kursus berbayar tentang optimisasi mesin pencari atau sering disingkat dengan SEO, ebook berbayar rahasia SEO, serta para blogger atau webmaster yang menjadi juara sebuah kontes SEO.

    Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Google Search Engine

  • B. Google Mail
  • Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Google Mail

  • C. Blogger
  • Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Blogger

BAB III - Stakeholder

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Stakeholder

BAB IV - Penutup

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Penutup

Daftar Istilah

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Daftar istilah

Legenda

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Legenda

Ucapan Terima Kasih

Kembali ke Daftar Isi baca selengkapnya: Ucapan terima kasih

No comments:

Post a Comment